"Too often we don't realize what we have until its gone. Too often we're too stubborn to say 'sorry, i was wrong'. Too often it seems we hurt the ones closest to our hearts. AND WE LET THE MOST FOOLISH THINGS TEAR US APART"

Selasa, 03 April 2012

Apakah Arti dari Sebuah Nilai?

Menurut kalian apa arti sebuah nilai?
seberapa pentingnya sebuah nilai dalam kehidupan?


pernahkah terngiang dibenakmu bahwa untuk mendaparkan nilai yang baik pasti perlu suatu proses. nah, proses itu lah yang ternyata berperan dalam menjalani suatu kehidupan ini.


selalu ada anggapan "kejarlah nilai maka semua impian kita bakal terwujud"

bukankah kita akan bangga jika mendapat nilai 100, akan merasa senang jika mendapat ranking 1, dan merasa bangga jika IP = 4,00. siapa yang berada pada posisi itu pasti merasakan suatu kepuasan, dan kebanggan yang sangat luar biasa dalam hidupnya.
Namun, ada satu hal yang patut kita renungkan: 

bagaimana kedudukan ‘nilai’ yang diperoleh oleh siswa/mahasiswa itu? Seberapa besar makna ‘nilai’ bagi siswa/mahasiswa itu? Seberapa besar pentingnya ‘nilai’ sempurna bagi guru/dosen yang telah mengajar ilmu? Berapa ‘nilai’ yang harus ditargetkan agar sempurna?
Nilai bukanlah segala-galanya :')

bukanlah nilai yang kita cari tapi bagaimana kita berusaha keras semampu kita untuk mendapatkan nilai itu? bukan baik atau buruknya nilai, tapi seberapa keras kah kemampuan kita untuk mencapainya. baik itu hasilnya memuaskan atau tidak, itu tergantung dengan kemampuan maksimum yang telah kita kerahkan. right?
jika kita telah mengerahkan seluruh kemampuan kita, belajar hingga larut malam dan subuh misalnya, namun hasil yang didapat ternyata tidak memuaskan. Maka, itu adalah bukti proses yang telah kita lakukan, sampai disitulah kemampuan akhirnya.
bisa dikatakan Hasil yang belum cukup memuaskan itulah yang seharusnya menjadi kebanggaan siswa....

janganlah mengejar nilai maksimal tapi ikhtiar mencapai hasil maksimal yang wajib diutamakan. Kerja keras, pantang menyerah dan kejujuran merupakan nilai yang sangat penting mencapai kemajuan dalam belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar